MARI KITA KEMBALI BERPEDOMAN PADA ALQUR'AN DAN AS SUNNAH

Senin, 31 Mei 2010

Inspirasi Pohon Kehidupan

Argumen ini cuma sebatas saran dan masukan bagi yang dapat menerima, membaca dan memahami makna yang terkandung didalamnya.
Tidak kita sadari bahwa, setiap perjalanan sehari2, kita banyak menjumpai berbagai macam pohon dengan kondisi yang beragam. Berbagai macam karakter yang dapat dipakai sebagai pedoman dalam hidup.

1. Daun posisi paling teratas selalu lebih besar kemungkinan nya tertiup angin daripada yang berada dibawahnya. ” Hal ini menginspirasikan kepada kita bahwa semakin tinggi usia kita (manusia) maka semakin banyak cobaan yang akan datang. ”

2. Betapapun lebatnya pohon, ranting nya tak akan bertabrakan dengan pohon yang berada didekatnya. ” Hal ini menuntut kita agar dalam kehidupan ini, betapapun tinggi pangkat, kedudukan, kekayaan dan keturunan serta agama kita, diusahakan tidak merugikan orang lain dan menghargai keberadaan orang lain disekitar        kita. ”

3. Ada pohon yang kuat menopang tubuhnya tetapi tidak ada satupun daun yang terletak di rangtingnya. ” Hal ini berarti jika kita mendapat suatu masalah, janganlah kita pendam sendiri karna hal ini akan berdampak pada diri kita sendiri, sisi luar mungkin kita dapat berdiri tegar tetapi dalam batin dan nurani kita lemah tidak berdaya. ”

4. Walaupun tidak dapat berpindah tempat tetapi pohon dapat hidup berpuluh2 tahun lamanya. ” Hal ini berarti bahwa usaha selalu ada untuk menjadikan kehidupan kita lebih baik dan jangan pernah bergantung sepenuhnya pada orang lain, karna semua cobaan yang diberikan sebanding dengan kemampuan + usaha kita dalam menjalaninya.

Akhirnya kehidupan kita akan bermanfaat adanya bukan karena banyaknya harta, tingginya pangkat dan jabatan atau mulianya keturunan dalam silsilah keluarga, melainkan semua tindakan kita dapat berguna bagi makhluk yang ada dimuka bumi ini baik hewan, tumbuhan dan manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar: